wisata di bali

Bali adalah suatu propinsi yang sangatlah populer semenjak jaman dulu menjadi tempat wisata andalan Indonesia. Bahkan juga orang luar negeri lebih dahulu tahu Bali dibanding Indonesia biasanya. Sudah pasti Bali berubah menjadi suatu tempat yang menarik untuk didatangi, termasuk juga oleh wisatawan domestik.

Bila kamu ingin bertandang ke Bali untuk kali pertamanya, mungkin saja yang berada di benakmu ialah beberapa tips wisata kesana. Oleh karenanya, di bawah ini ada sejumlah panduan wisata ke Bali yang diisi beberapa hal yang perlu diprioritaskan serta beberapa hal yang perlu dijauhi supaya wisatamu berubah menjadi lebih menyenangkan.

Panduan Wisata ke Bali

Waktu berwisata ke Bali, terdapat beberapa hal yang perlu diprioritaskan. Apa sajakah? Baca keterangan di bawah ini.

1. Rencanakan liburanmu dengan sebaik-baiknya

Rencana wisata ialah hal yang perlu dikerjakan, baik bila itu wisatanya dekat maupun jauh. Rencanakan transportasi menuju tempat, transportasi sepanjang ada di Bali, dan dimana akan bermalam. Pastikan juga tempat wisata mana saja yang akan didatangi. Diluar itu, berapakah lama ada disana juga perlu untuk diketahui untuk sesuaikan dengan cost.

2. Cocokkan dengan kondisimu

Bila kamu mempunyai waktu senggang yang banyak, sudah pasti melancong dengan cara mandiri tanpa ada terikat dengan waktu dapat dikerjakan. Tetapi bila waktu liburanmu sangatlah singkat, jadi sangat baik menyewa layanan travel atau agen perjalanan supaya waktu serta cost berubah menjadi lebih efisien serta efektif.

3. Bawa serta uang tunai

Walaupun Bali adalah suatu daerah yang telah berkembang dengan baik, sering tempat wisata yang didatangi ialah tempat wisata yang ada jauh dari pusat kota. Beberapa tempat wisata itu tidak mempunyai mesin ATM. Oleh karenanya, tetap bawa serta uang tunai yang cukuplah.

4. Cocokkan tempat wisata sesuai dengan minatmu

Yang perlu untuk diketahui ialah Bali bukan sekedar mempunyai Kute serta Sanur. Terdapat beberapa tempat wisata yang dapat diambil. Bila kamu senang pegunungan, jadi sangat baik pilih tempat wisata di daerah Bedugul. Atau juga bisa mencari tempat wisata di lokasi Singaraja. Bila senang wisata wahana serta edukasi, hadir saja ke tempat wisata seperti Bird Bali Park serta sejenisnya. Bila senang wisata berolahraga air, kamu dapat bertandang ke Tanjung Benoa. Cocokkan tempat wisata sesuai minatmu supaya liburanmu terkesan.

5. Hargai budaya setempat

Bali populer menjadi pulau yang berbudaya. Budaya disana cukuplah berlainan dengan budaya di daerah lainnya. Hargai budaya mereka. Tetaplah berlaku ramah serta sopan pada masyarakat asli Bali. Janganlah melakukan perbuatan seenaknya.

6. Jauhi musim ramai liburan

Bila kamu ingin bertandang ke Bali, sedapat mungkin mencari tanggal di mana Bali sedikit didatangi. Janganlah bertandang waktu musim berlibur, karena semuanya tempat akan penuh. Diluar itu, semuanya tempat akan meningkatkan harga. Bila harus terpaksa hadir waktu musim berlibur, cari tempat wisata yang belumlah sangat popular supaya mendapat kenyamanan waktu berwisata.

7. Bawa serta peralatan yang lengkap

Tetap bawa serta semuanya peralatan dengan cara komplit, hingga sampai ke hal yang sangat kecil. Bawa serta obat-obatan supaya perjalanan dapat dikerjakan dengan ringan. Terutama bila mesti meniti perjalanan darat serta perjalanan laut.

8. Beli makanan dengan cara wajar

Bila kamu senang berwisata kuliner, Bali berubah menjadi satu tempat yang pas. Disana terdapat sangat banyak makanan tradisionil ataupun makanan internasional yang dapat didapati. Tetapi, tetap belilah makanan dengan cara lumrah. Beberapa makanan di Bali sangat mahal. Baiknya teliti juga harga makanan supaya tak ada penyesalan.

9. Menawar harga

Bila ingin belanja, janganlah lupa selalu untuk menawar harga. Terpenting di pasar-pasar tradisionil seperti Sukowati. Harus hukumnya untuk menawar harga.

10. Patuhi ketentuan di objek wisata

Beberapa tempat wisata mempunyai ketentuan yang sesuai kebiasaan mereka. Terdapat ketentuan yang melarang wanita yang tengah menstruasi untuk masuk. Terdapat yang melarang baju sangat mini. Baiknya patuhi ketentuan itu. Jangan sampai melanggarnya.

Beberapa hal yang Mesti Dihindari

Tidak hanya beberapa hal yang perlu diprioritaskan itu, terdapat banyak hal yang perlu dijauhi waktu berwisata ke Bali. Tersebut penuturannya.

1. Janganlah menyentuh, mencapai, atau melangkahi sesajen

Di Bali terdapat sangat banyak sesajen yang akan didapati. Tak tahu itu di toko, pasar, pantai, serta yang lain. Baiknya janganlah menyentuh sesajen yang terdapat. Terutama mencapai atau melangkahinya. Bila tidak, jadi kamu mungkin saja akan mendapat permasalahan.

2. Janganlah asal-asalan masuk ke tempat suci

Bali yang sebagian besar masyarakatnya beragama Hindu mempunyai tempat beribadah bernama pura. Terdapat beberapa pura atau tempat suci yang menyebar di Bali, termasuk juga beberapa tempat wisata. Janganlah masuk kesana asal-asalan. Bertanyalah terlebih dulu pada penjaga tempat wisata atau tur guide yang terdapat.

3. Janganlah berwisata waktu Nyepi

Nyepi ialah hari raya ciri khas warga Bali. Waktu Nyepi, terdapat sangat banyak pantangan yang perlu dipatuhi oleh tiap-tiap orang yang hadir kesana. Oleh karenanya, supaya lebih aman, sangat baik janganlah berwisata ke Bali waktu Nyepi.

4. Janganlah tidak mematuhi rambu-rambu

Di tiap-tiap tempat wisata pasti terdapat rambu-rambu yang perlu dipatuhi. Di pantai, umumnya terdapat bendera peringatan atau batas wisatawan bisa berenang. Janganlah tidak mematuhi rambu-rambu itu bila ingin selamat.

5. Janganlah buang air di sembarang tempat

Khusunya untuk beberapa pria, janganlah asal-asalan buang air kecil waktu berwisata ke Bali. Karena mungkin saja ditempat itu terdapat sesajen yang tersembunyi. Sangat baik masih cari toilet umum untuk buang air.

6. Janganlah menyentuh kepala warga Bali asli

Warga Bali yakin bila kepala ialah anggota badan yang tertinggi kedudukannya. Kepala tidak bisa disentuh asal-asalan oleh orang yang lain. Baiknya, jangan pernah punya masalah dengan warga Bali asli dengan menyentuh kepala mereka.

7. Janganlah mengumpat waktu terdapat upacara adat

Mungkin saja banyak wisatawan yang tidak menyengaja terjerat dalam suatu upacara kebiasaan. Mungkin saja jalanan macet karena terdapat iring-iringan warga yang melalui. Janganlah mengumpat atau memaki. Walaupun kamu tengah tergesa-gesa, sangat baik masih diam serta tenang. Hormati mereka, karena kamu hanya pendatang.

8. Janganlah berjalan dimuka orang yang tengah beribadah

Sama seperti dengan upacara kebiasaan, mungkin saja tidak disengaja wisatawan akan berpapasan dengan grup orang yang melaksanakan ibadah dimuka pure. Bila kamu merasakan keadaan yang demikian, baiknya jauhi mereka. Janganlah berjalan dimuka mereka.

9. Janganlah berdiri tambah tinggi dari orang yang tengah bersembahyang

Janganlah duduk atau berdiri tambah tinggi dari mereka yang bersembahyang di pure. Bila kamu tidak menyengaja merasakan terdapat warga yang melaksanakan ibadah, serta kamu ada di tempat yang tambah tinggi, jadi turun atau menjauhlah.

10. Saat ambil gambar upacara kebiasaan, janganlah pakai flash

Beberapa orang yang mungkin saja ingin menyimpan situasi upacara kebiasaan. Hal tersebut bisa saja dikerjakan. Tetapi sangat baik janganlah memakai flash, karenanya akan mengganggu beribadah mereka.

Itu beberapa panduan wisata ke Bali yang butuh dilihat. Selamat liburan serta mudah-mudahan liburanmu di Bali menyenangkan.

Categories: Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *